Tips Membuat Event Bazaar






Halo Sobat Bertistik, pada post kali ini kita mau share tips dan trik untuk membuat event bazaar yang menarik.


Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini mulai marak event-event kawula muda yang berkonsep bazaar atau pop-up market, yaitu mengundang berbagai local brand untuk buka lapak dan berjualan di satu acara. Bazaar memang bisa menjadi cara yang fun, mudah dan cepat untuk mendapatkan fulus, tetapi perlu diketahui bahwa membuatnya tidak segampang yang kita kira. Berikut adalah tips-tips dasar untuk memulai perencanaan bazaar:







1. Tentukan konsep dan target market

Apa yang membuat eventmu harus dikunjungi? Barang-barang apa yang dijual? Itulah beberapa pertanyaan yang kalian SoBer harus sadari. Unik dan menarik adalah kata kuncinya. Disarankan membuat bazaar yang tidak menjual hanya satu jenis barang saja melainkan berbagai macam barang seperti kerajinan tangan, busana, makanan, barang-barang hobi agar variatif. Tentukan konsep yang unik, misalnya bertema piknik, dimana kamu bisa menyediakan tikar berwarna-warni di ruangan terbuka. Pastikan kamu memasang dekorasi yang menunjang konsepmu.

2. Tentukan waktu dan tempat acara

Waktu yang paling tepat untuk membuat bazaar biasanya adalah di waktu liburan atau long weekend, namun akan banyak saingan. Bila diadakan bukan di waktu libur, saingan tidak akan terlalu banyak, namun harus promosi dengan sangat intensif. Tanggal yang disarankan biasanya setelah tanggal 25 yaitu setelah orang-orang gajian karena akan sangat berpengaruh pada daya beli pengunjung. Tempat acara bisa dimana saja yang cukup luas, dan jangan lupa urus perizinannya. Apabila menyewa, kalian harus menghitung pengeluaran dan pemasukannya dengan seksama. Jangan sampai merugi...!!!

3. Siapkan promo

Buatlah iklan di berbagai media baik sosial atau cetak. Bagikan flyer baik dengan tangan ataupun dititip di swalayan, kampus, atau tempat-tempat yang kira-kira sesuai dengan target marketmu. Pasanglah poster, spanduk atau banner di sekitar area venue. Kamupun harus rajin promosi di sosial media, baik instagram, twitter ataupun facebook akun-akun yang terkait acara bazaar seperti @infobazaar_jkt dan @acarajakarta. Mereka bisa membantu me-repost info acaramu dengan cuma-cuma.

4. Gunakan desain yang jelas

Gunakan jasa graphic designer yang memang meyakinkan untuk membuat desain promosi. Buatlah desain poster yang mudah dipahami. Tidak usah terlalu ramai dengan terlalu banyak gambar atau tulisan. Tetapi pastikan bahwa calon pengunjungmu bisa segera menangkap isi kontenmu postermu dengan mudah. Tulislah tanggal dan venue sejelas mungkin, jangan lupa cantumkan juga nomor telepon contact person yang bisa dihubungi untuk menjaring calon tenant atau pengunjung berpotensi.

5. Tentukan harga booth

SoBer bisa meminta pembayaran booth di depan ataupun bisa bagi hasil dengan tenant. Sebaiknya tidak memakai tiket masuk untuk menghindari potensi jumlah pelanggan yang akan datang. Harga booth jangan terlalu mahal, sesuaikanlah dengan perkiraan traffic pengunjung untuk menghindari kekecewaan tenant.

6. Adakan rangkaian acara lain yang menunjang

Jujur saja, acara yang hanya berisi dagangan barang tidak akan menarik minat pengunjung. Untuk menunjang acaramu, kamu harus menambahkan rangkaian acara lain seperti mengadakan live music, DJ performance, talkshow, workshop, dan sebagainya.

7. Carilah tenant yang menarik

Memang awalnya agak sulit mencari tenant yang mau berpartisipasi di acaramu. Untuk meyakinkan calon tenant, kirimkanlah proposal acara yang singkat, padat, jelas, dan jangan lupa dengan desain yang bagus. Sekarang ini, banyak sekali orang-orang muda yang memiliki usaha kecil. Kamu bisa mendapatkan kontak mereka dari browsing di Instagram atau Google. Dari postingan mereka, kamu juga bisa melihat seperti apa produk yang mereka tawarkan. Pilihlah tenant yang sesuai dengan target market dan tema acaramu. Awas, jangan sampai kamu pilih tenant yang menjual barang-barang KW! Itu bisa menjatuhkan image acaramu, lho.

8. Pastikan persiapan yang matang

Pastikan kamu membuat schedule jauh-jauh hari demi persiapan yang matang. Ada baiknya jika kamu mengadakan technical meeting dengan para tenant beberapa hari sebelum acara. Disitu kamu bisa bertemu langsung, sharing informasi, dan mendengarkan pertanyaan ataupun permintaan khusus dari mereka. 

9. Have fun and enjoy

Akhir kata, jangan lupa untuk ikut bersenang-senang dan menikmati acaramu sendiri ya SoBer :) Banyak-banyaklah berkeliling dan berkomunikasi dengan tenant, sponsor, maupun rekan-rekan vendor lainnya untuk menjalin networking baru. Siapa tau mereka tertarik untuk ikutan lagi di acaramu yang berikutnya!

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

10 comments:

  1. boleh juga tips nya, makasih ya

    ReplyDelete
  2. Pastinya harus bekerja sama dengan event organizer biar bisa bergabung dengan mudah. Kalau membuka bazaar dengan badget sepenuhnya dari kita pasti kewalahan deh mas.

    Tapi makasih dengan ulasannya, saya jadi paham apa yang perlu dipersiapkan.

    ReplyDelete
  3. no 3 tuh yang paling penting gan. promo harus terus digencarkan

    ReplyDelete
  4. kalo ngga ada nomor 3 acara kurang pengunjunjungnnya

    ReplyDelete
  5. nice post gan, jadi tahu nih thnks

    ReplyDelete
  6. bner bgt nio gan tips nya, bolh dicoba noh bgi yg mau ngdain event

    ReplyDelete
  7. Gan, kan sekarang banyak org yg ikut destival dengan konsep food truck. Gimana menurut agan konsep itu bisa digabungkan sama tips ini jg?

    ReplyDelete
  8. 081210998688 more info tips and join bazar/event

    4,oktober 2019 yg mau ikut jualan di bazar kita boleh

    ReplyDelete