Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab


(Source: Dok. Pribadi)
Haii sobat bertistik... Apa kabar?? Semoga sobat bertistik semua selalu sehat yaaa... Oh iyaa di postingan ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat rambut bagi wanita berhijab terinspirasi dari Hijabers Indonesia. Sekarang pengguna  hijab selain kewajiban bagi wanita muslimah kini sudah menjadi tren gaya busana kaum wanita, karena dengan berhijab membuat penampilan seorang wanita menjadi lebih anggun loh sobat.

Namun terkadang kita kurang memperhatikan perawatan rambut apabila sudah berhijab karna tertutupi dengan jilbab. Meskipun rambut tertutup dengan jilbab, bukan berarti dibiarkan begitu saja... Justru rambut yang tertutup setiap hari harus mendapatkan perawatan ekstra dan tidak mengabaikan kesehatan rambut. Rambut yang tertutup dalam waktu yang lama akan kekurangan oksigen, susah bernafas terasa lembab, berketombe, kulit kepala berminyak, rontok dan panas.

Perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab tidak harus mahal loh, bahkan merawat rambut yang selalu ditutupi hijab bisa dilakukan sendiri di rumah.
Berikut adalah beberapa cara supaya rambut dan kulit kepala selalu sehat dengan perawatan sendiri :

ü Rutin Mencuci Rambut dan Keramas


Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Keramas teratur minimal dua-tiga kali seminggu dan pilih produk rambut  (sampo, conditioner, masker, serum) yang sesuai dengan jenis rambut sesuai kebutuhan.

ü Rawat Rambut dengan Hair Tonic


Gunakan hair tonik setiap habis keramas dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena dapat membantu melancarkan peredaran darah.

ü Lakukan Creambath dan Hair Mask Rutin Seminggu Sekali


Creambath dan hair mask juga bisa dilakukan sendiri dengan praktis tanpa harus ke salon, Creambath rutin akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lembab dan berketombe.

ü Konsumsi Makanan Rendah Lemak


Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup kita. Untuk itu perbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein dan zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami.

Sahabat bertistik selain itu, kita sebaiknya memperhatikan  kondisi rambut sebelum ditutupi dengan hijab saat  ingin berpergian:

ü Pastikan Rambut Kering Lebih Dulu


Sebelum mengenakan hijab, rambut harus dalam kondisi sudah kering, karena rambut yang masih basah atau lembab menyebabkan rambut menjadi rapuh, selain itu kondisi rambut basah yang ditutupi akan menimbulkan ketombe dan menyebabkan kulit kepala yang lembab.

üJangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Hindari Mengikat Dengan Karet


Untuk rambut yang panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Disamping hal tersebut, pemilihan bahan hijab juga mempengaruhi kesehatan dan kondisi rambut. Untuk itu, berikut tips memilih bahan hijab, sebagai bagian dari perawatan rambut bagi wanita berhijab:

ü Pilih Bahan Hijab Yang Tepat


Pemilihan bahan untuk hijab cukup berpengaruh terhadap kesehatan rambut, Pilih yang bahannya seperti kaos, katun atau spandek karena bahan-bahan tersebut sangat mudah menyerap keringat, sehingga dapat mencegah terjadinya kelembapan di rambut atau kulit kepala kita.
(source : google image)

üJangan Menggunakan Warna Hijab Yang Gelap


Hindari menggunakan hijab warna gelap terutama warna hitam di siang hari, karena warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, sehingga membuat rambut atau kulit kepala menjadi lebih panas.

Nah itulah tips merawat rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut tetap sehat, kuat, tidak rontok dan mudah patah. Semoga tips ini dapat bermanfaat ya sobat bertistik...:)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

22 comments:

  1. mantap nih buat doi hehe :V

    _____________________________
    Blog Berbagai Macam Informasi

    ReplyDelete
  2. makasih nih udh di share, kebetulan si dia lagi nyari hehe

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat nih artikelnya buat cewe yang berhijab dan berambut panjang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr sangat bermanfaat hehee... biar kesehatan rambut tetap terjaga. Makasi yaa...

      Delete
  4. Info yang sangat bermanfaat gan buat ibu ane dirumah :D

    ReplyDelete
  5. bagus nih artikelnya gan, ijin buat share gan biar perempuan diluar sana juga tau gan :v

    ReplyDelete
  6. http://serbasosmed.blogspot.co.id/2015/10/cara-daftar-afiliasi-discovery-japan.html

    ReplyDelete
  7. Bagus disarankan untuk dibaca oleh cewek :)

    ReplyDelete
  8. wah ini bermanfaat banget tipsnya buat cewe2 yg pakai jilbab nih :)

    ReplyDelete
  9. MANTAP GAN INFO NYA...http://gudangflashing.blogspot.co.id/2016/01/cara-memperbaiki-infinix-note-2-x600.html

    ReplyDelete
  10. iya gan bener banget harus Rutin Mencuci Rambut dan Keramas ;)

    ReplyDelete
  11. keren mba tipsnya bisa ane praktikin ke pacar ane nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhee iya harus dong...:D Makasih yaa....

      Delete